5 Teknik Sukses Melatih Burung Pleci Menjadi Juara

Burung pleci merupakan burung yang dikenal dengan burung kacamata, karena terdapat lingkaran putih pada mata burung pleci.

Burung pleci sendiri dapat di temukan di daerah asia, eropa, dan bahkan afrika. Nama latin dari burung pleci ini adalah ZOSTEROPIDAE.

Gambar  : Burung Pleci / Kecial 
Sumber Gambar  : gacorburung.com

Burung pleci sendiri mempunyai ukuran cukup kecil yaitu 10 sampai 15 cm saja, yang mempunyai warna hijau ke kuning kuningan dan mempunyai lingkaran putih di luar bola matanya.

Di daerah saya sendiri burung pleci tepatnya di daerah Lombok di sebut dengan kecial kuning, dan di sini burung pleci sangat sering di lombakan.

Dan jangan heran di daerah saya buru pleci bisa dihargai dengan sangat mahal. Burung pleci yang sering menjadi langganan juara bisa dihargai sampai 50 juta.

Burung placi mempunyai suara bekicau yang sangat indah dan suara burung placi yang sangat basar dan sangat cerewet itulah burung yang di idamkan para kolektor burung, karna harganya bisa sangat fantastis.

Dan untuk mempunyai burung yang seperti itu cukup mudah, hanya dengan sedikit usaha dan kesabaran untuk merawat dan melatih burung pleci tersebut. Dan berikut teknik sukses melatih burung pleci


TEKNIK SUKSES MELATIH BURUNG PLECI / KECIAL KUNING

1). PASTIKAN BURUNG PLECI BERKLAMIN JANTAN

Burung pleci jantan dan betina hampir tidak bisa dibedakan dari bentuknya, karena burung pleci merupakan burung monomorfik.

Mengetahui jenis burung yang akan di latih akan sangat berpengaruh dalam menentukan kesuksesan melatih burung pleci. Dan berikut beberapa cara untuk membedakan burung betina jan jantan.
  1. Burung jantan mempunyai suara yang lebih keras jika dibandingkan betina.
  2. Pada bagian dahi burung jantan, warna kuning lebih terang dari pada betina
  3. Bentuk ekor burung jantan membentuk huruf "V"
  4. Burung pleci jantan sangat lincah, dan gesit
  5. Dan tentunya suara burung jantan lebih cerewet ketimbang betina
2). KUALITAS PAKAN

Pakan yang berkualitas adalah pakan yang mengandung nutrisu dan gizi yang mencukupi untuk burung pleci, karena apabila kita memberikan makanan yang biasa saja maka burung pun akan menjadi biasa-biasa saja tidak ada yang istimewa.

Dan berikanlah burung pleci pakan veor yang berkualitas tinggi serta buah-buahan yang mengandung nutrisi tinggi berupa pisang, pepaya, apel, jeruk, kepok, dan juga bisa di berikan makanan hidup berupa ulat honggong, kroto, dan yang terbaik yaitu berikan telur lebah.

3).PEMBENTUKAN FISIK BURUNG PLECI

Fisik yang ideal, stabil, dan sehat akan menghasilkan suara yang lantang maksimal, dan burung pleci bisa menjadi seperti itu ketika burung dalam keadaan prima.

Tahapan yang bisa kita lakukan yaitu dengan memberikan dua tenggeran yang berjauhan, tujuanya agar burung pleci lebih aktif bergerak.

4). PENJEMURAN BURUNG PLECI

Penjemuran adalah langkah pertama dalam melakukan pelatihan kepada burung pleci. Lebih baik untuk mempunyai dua atau lebih burung pleci agar nantinya pada saat penjemuran burung-burung pleci bisa saling bersahutan.

Dan penjemuran di lakukan setelah burung pleci di mandikan agar nantinya burung pleci selalu segar dan sehat. Proses penjemuran dapat dilakukan pada pagi dan sore hari.

5). MELATIH SUARA BURUNG PLECI

Tahap ini adalah tahap paling penting untuk menjadikan burung pleci kita selalu menjadi juara pada saat laga yaitu dengan merangsang dan memancing suara burung pleci.

Suara yang merangsang dan memancing burung pleci untuk mengeluarkan suara yang keras dan lantang bisa langsung anda DOWNLOAD

Dan pada dasarnya burung pleci akan menjadi burung yang berkicau apabila kita merawatnya dengan baik dengan merawatan yang sesuai. Dan apabila kita hanya merawat dan membesarkan, maka hasilnyapun tidak akan sesuai dengan harapan kita.

Demikian pembahasan tentang teknik sukses melatih burung pleci menjadi juara semoga memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang burung pleci.

Sumber : Duniatrik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel