5 Teknik Sukses Budidaya Love Bird Berpenghasilan 100 Juta

Love bird atau burung cinta merupakan burung yang mempunyai warna dan bentuk tubuh yang sangat indah untuk di pandang.

Love bird merupakan burung jenis spesies genus agapornis yang mempunyai nama ilmiah yang di kenal dengan sebutan agapornis.

Gambar  : Burung Love Bird
Sumber Gambar  :berkebunonline.com


Burung love bird terkenal dengan suara kicaunya yang ngekek dan terdengar sangat unik dan itu menjadikan burung love bird sangatlah mahal.

Membudidayakan burung love bird dapat di bilang susah-susah gampang di karenakan bila belum pernah memelihara burung akan terasa susah, tetapi bila sudah pengalaman akan sangat mudah.

Burung love bird sebenarnya berasal dari daerah benua afrika, burung love bird sendiri mempunyai sifat monoga, namun juga bisa dikembangbiakan secara poligami.

Membudidayakan burung love bird sungguh sangat menjanjikan jika melihat dari segi peminat dan harga dari burung love bird yang begitu fantastis.

Seperti jenis burung love bird albino putih yang bisa menembus harga sampai Rp 2.000.000 dan hanya baru berumur 3 bulan.

Jadi bisa anda bayangkan jika anda mempunyai 20 burung love bird, akan tetapi sebelum anda memulai bisnis burung love bird, perluanda ketahui faktor penting untuk menunjang kesuksesan anda dalam membudidayakan burung love bird.

Dan berikut adalah faktor-faktor yang perlu anda ketahui sebelum memulai usaha atau membudidayakan burung love brd.


FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KESUKSESAN BUDIDAYA LOVE BIRD


1). PEMILIHAN JENIS BURUNG LOVE BIRD

Jenis burung di sini sangat menentukan tingkat kisaran harga, jika mempunyai indukan yang memiliki jenis dan warna bulu serta suara yang indah dan unik tentu akan menambah nilai jual anakan burung anda pada nantinya.

Dan untuk jenis kelamin burung, Biasanya para kolektor burung lebih memilih jenis kelamin pejantan, dikarenakan memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal

Akan tetapi untuk membedakan bentuk burung love bird yang betina dan pejantan sangatlah sulit untuk membedakannya, dan berikut beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin burung love bird.


CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN BURUNG LOVE BIRD

  1. Bentuk tubuh pejantan lebih kecil dari betina
  2. Bentuk kepala pejantan lebih besar dari betina
  3. Burung betina memiliki tulang punggung yang lebih besar
  4. Bentuk kaki dari betina terlihat lebih kekar dan lebih besar
  5. Suara kekek burung betina biasanya lebih panjang

2) SANGKAR BURUNG LOVE BIRD

Sangkar disini sangatlah berperan penting dalam mengembangbiakan burung love bird, perlu anda ketahui bahwa burung yang di kumpulkan secara banyak akan sulit untuk berkembangbiak.

Lain halnya dengan memisahkan burung love bird yang berpasang pasangan, cara ini terbukti lebih cepat jika di bandingkan dengan cara dikumpulkan dalam jumlah yang banyak.

Dan jangan lupa untuk anda menaruhkan tempat bertelur burung love bird di dalam sangkar, biasanya burung love bird jauh lebih bagus terlihat ketika sangkarnya pun ikut di hias.

Gambar  : Sangkar Burung Love Bird
Sumber Gambar  :dickiyhenra32*worpres*com

3). PENGAWINAN LOVE BIRD

Mengawinkan burung love bird untuk menemukan anakan yang lebih bagus dari indukannya, sebaiknya pilihlah pejantan dan betina yang memiliki warna dan suara yang bagus.

Untuk love bird pejantan usia ideal untuk kawin yaitu ber umur 8 bulan, sedangkan untuk burung love bird yang betina umur idealnya yaitu 1 tahun.

Masa perkawinan berlangsung bisa mencapai 10 sampai 20 hari barulah kita bisa melihat hasilnya, dan masa pengeraman dari burung love bird ini berlangsung selama 22 sampai 30 hari baru bisa menetas dengan sempurna.

4). PAKAN BURUNG LOVE BIRD

Pakan yang mengandung protein dan vitamin yang tinggi akan sangat mempengaruhi kualitas dari burung love bird, semakin bagus pakan yang di berikan maka burung pun akan menjadi semakin berkualitas.

Berikanlah makanan-makanan yang menyehatkan burung serta mampu membuat burung love bird berkicau dengan sangat lantang dan keras. Dan berikut beberapa makanan untuk burung love bird yang berkualitas.

MAKANAN BURUNG LOVE BIRD
  1. Milet putih atau merah
  2. Canari seet atau biji kenari (kanarium memmum)
  3. Biji oat atau hever (avena sateva)
  4. Jagung manis
  5. Buah apel merah
  6. Kecambah atu toge
  7. Kangkung

Beikanlah pakan burung love bird 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari atau bisa juga dengan cara menaruhkanya pada sangkar akan tetapi jangan sampai terlalu banyak, karena pakan dalam jenis tertentu bisa cepat busuk.

5). PERAWATAN BURUNG LOVE BIRD

Keahlian dalam merawat dan memelihara burung love bird sangat di perlukan dalam membudidayakan burung love bird ini.

Untuk menangani berbagai jenis tantangan yang di hadapi dalam membudidayakan burung love bird tentunya tergantung pada skil para pembudidaya burung love bird.

Dan untuk membuat burung menjadi berkicau dengan sempurna tentu membutuhkan latihan-latihan khusus setiap hari.

Anda bisa memberikan pancingan suara dari burung love bird lain yang sangat berkicau tentunya. Dan suara burung love bird itu sendiri bisa langsung anda ( DOWNLOAD )

Tetapi sebelum melatih burung love bird ada kalanya anda rajin-rajin untuk memandikan burung setiap 1 kali dalam 2 hari. 

Demikian pembahasan tentang 5 teknik sukses budidaya burung love bird berpenghasilan 100 jt,semoga dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan anda tentang burung love bird.

Sumber : Duniatrik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel